penggunaan Fungsi HLOOKUP & VLOOKUP Menggunakan Miscrosoft Excel

Assalamualaikum wr.wb

    Baiklah kali ini saya akan sharing tentang cara mudah menggunakan fungsi vlookup dan hlookup di microsoft excel,  ok langsung saja demikianlah tentang cara mudah menggunakan fungsi vlookup dan hlookup, 
      namun sebelum saya bahas tentang cara penggunaan fungsi vlookup dan hlookup tersebut maka akan saya uraikan tentang pengertiannya terlebih dahulu.
   1. Definisi VLOOKUP dan HLOOKUP
          VLOOKUP dan HLOOKUP adalah suatu Fungsi pada Ms. Office Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan suatu nilai tertentu.
      VLOOKUP merupakan singkatan dari vertical lookup yang menggambarkan proses kerjanya mencari data secara vertikal baris demi baris.
     HLOOKUP merupakan singkatan darihoruzontal lookup yang menggambarkan proses kerjanya mencari data secara horizontal baris demi baris.

2. Rumus Fungsi Hlookup dan Vlookup
 =>HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])
=>VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])
Ket :
lookup_value   =   nilai atau teks sebagai dasar untuk pembacaan table
table_array       =   merupakan tabel referensi (tabel yang diambil/dimuat datanya)
row_index_num / col_index_num  =   nomor indeks baris (row) atau kolom (col) pada tabel referensi yang berisi nilai yang kita inginkan berdasarkan hasil pencocokan (kolom keberapa yang ingin diambil/dimuat datanya)
range_lookup  =   bernilai True atau False 

3. Contoh Penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP

   Berikut ini disajikan atau lembar kerja Daftar karyawan yang memuat gaji dll.
     Didalam pekerjaan fungsi ini keduanya hampir sama proses pekerjaannya  akan tetapi yang berbeda dibagian rumus.

       Berikut langkah-langkahnya sebagai berikut :
   1. langkah pertama, bukalah aplikasi Miscrosoft excel disini saya menggunakan Microsoft Excel 2019.
2. Bukalah file/ lembar kerja dalam fungsi Hlookup dan vlookup yang sudah disediakan terlebih dahulu Yang akan dimuat dan dikosongkan kolom seperti
Nama bagian ,gaji pokok, tunjangan dan kordinator.contohnya seperti inπŸ‘‡πŸ‘‡
                           (Hlookup)
                         ( Vlookup )
 3. Setelah semua, dimuat lembar kerja Excel, Masukkan rumus fungsi hlookup terlebih dahulu untuk mencari nama bagian begitupun dengan Vlookup
  ( =Hlookup;D1;D18:H22;2;FALSE) 

-hlokuup value kita klik = Hlookup value( D1; baru ketik bagian ,,,kode bagian A --> enter maka akan muncul otomatis D1
- Untuk mendapatkan bagian TABLE ARRAY kita blok.bagian tabel data lalu ->tekan enter D18;H22
-row_index_num / col_index_num untuk bagian nilai dimana kita sesuaikan dengan data table untuk bagian ,,nama bagian misalnya dibagian kolom kedua kita klik bagian 2 --> enter ;2
-range_lookup kita klik FALSE --> Enter
   Maka seperti dibawah 

                          ( Hlookup )
=>SELANJUTNYA untuk bagian Vlookup
 ( = Vlookup;D3;C19;G23;2;FALSE)

- vlokuup value kita klik = vlookup value  D3 baru ketik bagian ,,,kode bagian A --> enter maka akan muncul otomatis D3
- Untuk mendapatkan bagian TABLE ARRAY kita blok.bagian tabel data lalu ->tekan enter C19;G23
-row_index_num / col_index_num untuk bagian nilai dimana kita sesuaikan dengan data table untuk bagian ,,nama bagian misalnya dibagian kolom kedua kita klik bagian 2 --> enter ;2
-range_lookup kita klik FALSE --> Enter
        Seperti dibawah ;

                         (Vlookup )
     Selanjutnya,,, untuk bagian gaji pokoknya,tunjangan dan kordinator baik fungsi VLOOKUP & HLOOKUP caranya hampir sama dengan nama bagian seperti diatas akan tetapi yang berbeda it dibagian baris kolom,,kita sesuaikan sja.
3. Kemudian untuk  bagian dibawahnya agar  lebih mudahnya kita tdk perlu ketik rumus satu persatu yahh,,,cukup tambahkan absolut dibagian rumus seperti ini .
                       ( Hlookup )
  ( =Hlookup;D1;$D$18:$H$22;2;FALSE) 

                          ( Vlookup )
 ( = Vlookup;D3;$C$19;$G$23;2;FALSE)
kemudian kita tekan enter setelah itu kita tarik sampai kegaris maka otomatis keduanya langsung terisi secara otomatis seperti diatas sesuai kode table .
    Untuk bagian kolom lainya seperti ( gaji pokok,tunjangan, koordinator ) selanjutnya kita samakan sja carax dengan menyisipkan  absolut ($) pada bagian rumus.Kemuduan tarik sampai garis table
    Jika semuax sudah terisi maka hasilnya seperti ini....
              
       HASIL AKHIRNYA
 
                  ( HLOOKUP )🌱
                       ( VLOKUUP )🌱


# Terima kasih atas perhatiannya 
    # semoga bermanfaat 😊
Waalaikumsalam warahmatullahi wabaarakatu



  
     
     

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Struktur Keluarga Menggunakan Miscrosoft Word

Cara Membuat Surat Massal Menggunakan Miscrosoft word dan Excel